Training Motivasi Meraih Impian dan Cita Siswa SMP Negeri 1 Muara Gembong

motivatorpendidikan.com-  Rabu, 06 September 2017 saya berkesempatan menghadiri undangan dari Yayasan Gugah Nurani Indonesia, sebuah NGO yang bergerak dalam pendampingan anak dan pemberdayaan masayarakat. GNI mengundang saya untuk memberikan Motivasi agar siswa-siswa SMP Negeri 1 Muara Gembong memiliki semangat dalam meraih impian dan cita-cita. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Peserta terdiri perwakilan dari Ketua Kelas dan Wakil Ketua kelas.

Berikut adalah catatan singkat saya tentang kegiatan tersebut yang sudah saya posting Facebook saya.

Jangan Takut Bermimpi, karena orang yang tidak punya impian sama saja seperti orang Mati !
 
Catan singkat pertemuan dengan siswa-siswi hebat di SMP Negeri 1 Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Silahkan bagikan ke Putra-Putri atau Siswa-Siswi Bapa/Ibu.
 
Perjalanan dari Cileungsi menuju Muara Gembong kurang lebih kami tempuh 3,5 Jam, perjalanan yang lumayan jauh, kedengarannya sih dekat Cileungsi Bekasi, tapi ini ujungnya Kabupaten Bekasi. Ini adalah pengalaman kedua kami mengisi acara di Muara Gembong Bekasi. Walaupun lumayan jauh tidak mengurangi semangat kami untuk berbagi dengan anak-anak hebat ini.
 
Tiba disebuah ruang kelas yang sederhana,saya disambut wajah ketegangan siswa-siswi SMP Negeri 1 Muara Gembong, nampaknya mereka masih bingung mau belajar apa hari ini, karena mungkin ini adalah pengalaman mereka yang pertama kali mengikuti acara seperti ini.
 
Acarapun dimulai oleh teman-teman dari Gugah Nurani Indonesia, kemudian dilanjutkan sambutan singkat dari perwakilan sekolah. Nampak beberapa Ibu guru hadir dibelakang siswa-siswi untuk memberikan semangat, walaupun kehadiran mereka tidak lama.
 
Mengawali acara training Motivasi dengan tema “Kiat Sukses Meraih Impian dan Cita-Cita” saya mulai dengan pertanyaan-pertanyaan menantang.
 
Siapakah diantara kalian yang ingin jadi Profesor, tidak ada satupun siswa yang mengacungkan tangan. Kemudian saya tanya siapa diantara kalian yang ingin naik pesawat, celetuk mereka “aku mah gak mau pak takut jatuh”, he..he..
 
Kemudian dengan berbagai pertanyaan lain, merekapun nampaknya masih segan dan malu untuk menyampaikan impian dan cita-cita mereka. Mungkin selama ini mereka memang tidak pernah adah yang memberikan motivasi, memberikan arahan, bagaimana caranya meraih impian dan cita-cita. Dari guru disekolah merekapun mungkin tidak pernah diajarkan hal ini dengan serius begitupun dengan orang tuanya.
 
Saya pribadi baru mulai menulis mimpi-mimpi ketika usia sekolah menegah atas, itupun tidak pernah saya dapatkan dari guru atau training motivasi seperti yang mereka dapatkan hari ini. Nyaris alamiah saja, atau inspirasi dari buku yang saya baca atau juga dari hasil saya mendengarkan Radio Dakta pada acara Galeri Muda yang memang sering menghadirkan anak-anak muda.
 
Walalupun banyak pelatihan yang saya ikuti sejak usia SMK , pelatihan yang saya ikuti lebih banyak pengeloaan management organisasi, leadership, teamwork dan sejenisnya, rasanya jarang sekali saya dapat pelatihan bagaima tips dan trik meraih impian dan cita-cita.
 
Setelah saya mendapatkan jawaban siswa-siswi seperti itu, sayapun menyadari bahwa rasanya wajar mereka belum memiliki semangat untuk memikirkan hal tersebut, karena tidak pernah ada yang membimbingnya. Maka setelah itu tugas saya “Ngomporin” siswa-siswi tersebut untuk memiliki impian dan cita-cita mulai dari sekarang.
 
Menit demi menit kami lalui dalam training ini, akhirnya mereka mulai memanas dan antusias untuk memulai masa depan gemilangnya mulai hari ini.
 
Sampai saatnya tiba ketika mereka menulis 100 mipinya, ternyata akhirnya mereka berani menulis mimpinya, banyak sekali impian mereka yang mungkin selama ini mereka tidak tulis dan orang tuanya tidak tahu. Mereka mulai bermimpi untuk kuliah S1,S3,S3 bahkan mereka menulis ingin jadi profesor, mereka menulis impiannya ingin keliling dunia, mereka memiliki impian untuk mendirikan sekolah, panti asuhan, bahkan beragam profesi mereka tulis sebagai bagian dari impian dan cita-cita yang mereka inginkan.
 
Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena orang yang tidak memiliki impian sama saja seperti orang yang mati. Lihat saja oleh kalian, ketika orang sudah mati, maka tidak ada apapun yang mereka bisa lakukan, bahkan yang ada sebuah penyesalan, karena kehidupannya mungkin balah banyak dilakukan untuk kemaksiatan bukan melakukan kebaikan-kebaikan. Jangan sampai hidup kita tidak memiliki semangat, karena kita tidak memiliki impian dan cita-cita.Yakinlah kalian bisa meraih impian dan cita-cita yang diinginkan. Begitulah pesan saya kepada siswa-siswi setelah mereka berani menulis 100 mimpinya.
 
Setelah mereka menorehkan impian dan cita-citanya, merekapun saya kasih Tips-Trik meraih impian dan cita-cita, silahkan materi lengkapnya bisa dibaca klik disini
 
Sayapun menyampaikan apapun latar belakang profesi, pendidikan, ekonomi orang tua, Gak usah malu, untuk meraih impian dan cita-cita. Mungkin 20-30 tahun yang akan datang dari Muara Gembong ada yang jadi Profesor, Ustadz, Guru , Bupati, Gubenur, Presiden, keliling Dunia. Semua mungkin bisa terjadi , asalkan ada kesungguhan dalam meraihnya.
 
Karena saya sendiri bukan lahir dari keluarga kaya, saya tidak terlahir dari seorang ulama. Saya lahir dari ayah dan ibu yang tidak pernah sekolah bahkan tidak membaca, tapi mereka memiliki semangat untuk memotivasi anak-anaknya untuk menjadi lebih baik. Untuk sekolah SD saya pernah jualan es mambo, untuk melanjutkan ke MTS saya harus menjual satu karung cabai merah, untuk membiayai sehari-hari sekolah MTS saya harus jadi kuli bongkar muat bata, untuk melanjutkan ke sekolah SMK saya harus jual gabah hasil panen, dan kisah-kisah perjalanan lain yang pada kesempatan lain bisa saya ceritakan, sebagai pengalaman berharga untuk kalian.
 
Jadi kalaupun kalian sekarang membantu orang tua jualan lele, udang dan ikan lainnya, atau membantu bertani jangan pernah malu. Karena saya pernah melakukannya, begitupun banyak orang sukses lain pernah melakukannya, bahkan mungkin lebih prihatin dari saya dan kalian.
 
Intinya apa yang kalian tulis pada hari ini pasti ada yang tercapai diantaranya, jangan hilangkan buku kalian ini. 2O tahun yang akan datang kalian akan merasakannya. Jika sukses jangan lupa saya, yah. Karena minimal saya pernah memotivasi kalian, he..he..
itu pesan saya kepada mereka.
 
Semoga bermanfaat, silahkan dishare untuk anak-anak kita, saran saya sebaiknya dowload materi ini karena lebih lengkap  klik disini
 
 
 
 
Silahkan Berkomentar dengan bahasa yang santun dan lugas

motivatorpendidikan.com - Ahad, 29 April 2018 saya berkesempatan mengisi acara Training Guru Kreatif dengan tema
Share

Written by